exanime.web.id
exanime.web.id

Animasi Game Ular Dengan Dev C++


Langkah - Langkah Membuatnya:

1. Buka Dev C++ > New Project
2. Project Options > Pilih Compiler > Base Compiler Set: TDM-GCC 4.9.2 32-bit Release
3. Pilih Parameter > Masukkan Linker Berikut:
-lbgi 
-lgdi32 
-luser32
Didalam Kolom Linker > Klik Ok
4. Silahkan Copy-Paste Script Program Dibawah Ini Ke Project Baru Anda: 
#include <graphics.h>
using namespace std;

// function untuk lingkaran
void elips(int x, int y, int r){
 //kerangka lingkaran
 setlinestyle(0,0,5);
 fillellipse(x, y, r, r);
}

main(){
 // Copyright © 2018: Komputer Grafika
 // Reynaldi Megah Miko 5SIA6
 // Pembuatan Animasi Game Ular
 // deteksi ukuran monitor
 DWORD lbm = GetSystemMetrics(SM_CXSCREEN);
 DWORD pjm = GetSystemMetrics(SM_CYSCREEN);
 // buat kanvas
 initwindow(lbm,pjm);
 // nilai maksimum dan tengah x y
 int maxx = getmaxx(); 
 int maxy = getmaxy();
 int midx = maxx / 2; 
 int midy = maxy / 2;
 // nilai radius lingkarang 
 int rad = 30;
 int rada =20;
 int radb =10;
 int radc = 5;
 // nilai kecepatan gerak
 int speed = 5;
 // VARIABLE HALAMAN ATAU LAYER 
 int hal = 0;
 
 // infinity loop
 while(1){
  // pengaturan layer yang bekerja(menghapus dan menggambar objek)
  setactivepage (hal);
  // pengaturan layer yang tampil
  setvisualpage(1 - hal);
  
  cleardevice();
  
  //gambar lingkaran
  elips(midx, midy, rad);
  // kontrol keyboard bawah
  if(GetAsyncKeyState(VK_DOWN)){
   midy = midy + speed;
   setcolor(1);
   elips(midx, midy, rad);
   setcolor(2);
   elips(midx, midy-30, rada);
   setcolor(3);
   elips(midx, midy-60, radb);
   setcolor(4);
   elips(midx, midy-90, radc);
   // membatasi gerak pada batas bawah
   if(midy >= maxy-rad){
    midy = maxy-rad;
   }
  }
  // kontrol keyboard atas
   if(GetAsyncKeyState(VK_UP)){
   midy = midy - speed;
   setcolor(1);
   elips(midx, midy, rad);
   setcolor(2);
   elips(midx, midy+30, rada);
   setcolor(3);
   elips(midx, midy+60, radb);
   setcolor(4);
   elips(midx, midy+90, radc);
   // membatasi gerak pada batas atas
   if(midy <= rad){
    midy = rad;
   }
  }
  // kontrol keyboard kiri
   if(GetAsyncKeyState(VK_LEFT)){
   midx = midx - speed;
   setcolor(1);
   elips(midx, midy, rad);
   setcolor(2);
   elips(midx+30, midy, rada);
   setcolor(3);
   elips(midx+60, midy, radb);
   setcolor(4);
   elips(midx+90, midy, radc);
   // membatasi gerak pada batas kiri
   if(midx <= rad){
    midx = rad;
   }
  }
  // kontrol keyboard kanan
   if(GetAsyncKeyState(VK_RIGHT)){
   midx = midx + speed;
   setcolor(1);
   elips(midx, midy, rad);
   setcolor(2);
   elips(midx-30, midy, rada);
   setcolor(3);
   elips(midx-60, midy, radb);
   setcolor(4);
   elips(midx-90, midy, radc);
   // membatasi gerak pada batas kanan
   if(midx >= maxx-rad){
    midx = maxx-rad;
   }
  }
  
  // mengubah posisi layer 
  hal = 1 - hal;
  // jeda waktu 
  delay(1);
 } // end loop
 
 getch();
 closegraph();
 return 0;
} 
5. Kemudian Save Dan Tekan F11
6. Sekian Dan Terima Kasih

Related Posts

Seorang yang memiliki kepribadian yang menyendiri, tanpa mengenal dunia luar hanya melalui dunia online.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "Animasi Game Ular Dengan Dev C++"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel